Hosting Unlimited Indonesia
Go Blogging!Panduan membuat blog hingga menghasilkan uang!

Cara Mengganti Nama Tema Dan Nama Folder WordPress

Cara Mengganti Nama Tema Dan Nama Folder WordPress | juraganblog.com – Rekan saya pernah bertanya, bisa ga sih nama folder dan nama tema pada WordPress diganti? Lah kenapa harus diganti? Ternyata alasannya karena kalau orang melihat blog kita, dan merasa tema-nya keren, kemudian ingin mencari tahu tema apa sih yang digunakan, sehingga bisa “sedikit” mengelabui nama folder dari tema yang digunakan saat melihat source code-nya.

Mungkin sobat blogger juga pernah berpikiran hal yang sama, misalnya karena tema yang sobat gunakan sudah dikustomisasi, sehingga tidak ingin orang lain tahu tema asli apa yang digunakan sehingga tidak ingin ditiru oleh orang lain. Hahaha.. Pelit amat ya gan..

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan ulasan bagaimana cara mengganti nama folder dan nama tema pada WordPress.

Langkah pertama, sebaiknya backup terlebih dahulu folder tema asli yang digunakan. Kemudian upload tema yang sama menggunakan cPanel atau Filezilla.

Baca Juga : Cara Menggunakan FileZilla Untuk Transfer File Ke Hosting.

Letak tema WordPress berada di wp-content/themes, jadi upload file tema pada direktori tersebut. Jika masih dalam bentuk .zip, silahkan diekstrak setelah diupload.

Kemudian ganti nama folder tema, contohnya saya mengganti namanya menjadi juraganblog.

Cara Mengganti Nama Folder Dan Nama Tema WordPress

Setelah itu, cari dan ubah deskripsi tema sesuai yang sobat inginkan pada file style.css. Deskripsi tema terletak pada bagian paling atas dari file style.css.

Cara Mengganti Nama Folder Dan Nama Tema WordPress

Setelah selesai jangan lupa disimpan.

Langkah berikutnya, ambil screenshot dari tampilan blog kamu. Beri nama screenshot.png, ukurannya harus 300px x 225px dan letakkan di folder wp-content/themes (replace file screenshot.png yang asli). Sehingga hasilnya jadi seperti contoh berikut ini.

Cara Mengganti Nama Folder Dan Nama Tema WordPress

Cara Mengganti Nama Folder Dan Nama Tema WordPress

Jika sudah, aktifkan tema.

Lihat hasilnya..

Pada kasus yang saya alami, gambar header menjadi hilang, jadi saya harus memasukkan logo header kembali. Setelah itu selesai dan tidak ada masalah sama sekali.

Kelemahannya, kalau kita sudah mengganti nama folder dan nama tema, sobat tidak akan mendapatkan update tema secara otomatis lagi, jadi harus melakukannya secara manual.

Do it with your own risk ya.. 🙂

Demikian Cara Mengganti Nama Tema Dan Nama Folder WordPress

Happy blogging guys..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *