Hosting Unlimited Indonesia
Go Blogging!Panduan membuat blog hingga menghasilkan uang!

Apa Perbedaan WordPress.org Dengan WordPress.com?

Apa Perbedaan WordPress.org Dengan WordPress.com? | juraganblog.com – Pada awalnya juga saya pikir wordpress.com dan wordpress.org itu sama saja, bahkan sebenarnya saya ga tau kalau ada versi .com dan versi .org;

Hahaha..

Ternyata ini dua hal yang berbeda.

Namun sebelum membahas perbedaannya, saya ingin mengulas sedikit tentang sejarah penemu WordPress ini, karena katanya kalau tak kenal maka tak sayang.

Sejarah WordPress

WordPress lahir dari project b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michael Valdrigi, dimana kemudian project tersebut dihentikan.

Selang beberapa bulan kemudian, seorang anak muda yang lahir 11 Januari 1984 mengumumkan bahwa dirinya telah berhasil mengembangkan b2 dan menyempurnakannya. Sehingga memenuhi standard web saat itu.

MENGENAL PENEMU DAN SEJARAH SINGKAT WORDPRESS
Math Mullenweg

Anak muda itu adalah Matthew Charles Mullenweg, yang lahir di Houston, Texas. Bersama Mike Little juga dibantu oleh Michael Valdrigi yang merupakan programer asli b2/cafelog, mereka kemudian merilis software cafelog yang sudah disempurnakan dan memperkenalkan kepada dunia dengan nama WordPress.

Sejarah mencatat pada usia yang masih relatif muda yaitu 24 tahun, Matthew Charless Mullenweg, founder dari WordPress telah menjadi jutawan. Melalui WordPress, anak muda ini sudah meraup pundi-pundi yang menghantarkannya pada jajaran jutawan muda di dunia internet. Plus menjadi salah satu dari orang terpenting di dalam jagad dunia internet.

Karena Matt ini-lah terjadi perubahan besar di dalam dunia web design.

Kunci sukses Matt adalah dengan membangun komunitas terlebih dahulu. Karena WordPress yang dikembangkannya itu dijadikan  sebuah software berbasis open source yang dapat dinikmati oleh siapa saja.

Matt Mullenweg menginginkan software-nya itu berguna bagi komunitas dunia.

Matt memiliki filosofi yang membawanya ke dalam kesuksesan, baginya yang terpenting adalah menjadi bahagia terlebih dahulu. Setelah itu, uang pasti akan mengikutinya.

“Jika melakukan sesuati demi uang, kamu akan menemukan banyak kesulitan untuk menjual. Namun lakukan apa yang kamu sukai, maka uang akan mengikuti kamu”

Baca Juga : Apa Perbedaan Antara Blog Dengan Website?.

Setelah mengenal sejarah penemu WordPress, sekarang kita bahas apa sih perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org?

Yuk kita cari tau perbedaannya..

Perbedaan WordPress.org Dengan WordPress.com

Apa Perbedaan Antara WordPress.org Dengan WordPress.com
http://www.wpexplorer.com/wordpress-com-vs-org/

WordPress.com (Hosted)

WordPress.com itu sebuah blog engine yang mirip dengan blogger.com atau sering dikenal dengan blogspot.

Sifatnya hosted, jadi kamu numpang hosting di wordpress.com. Otomatis alamat blog kamu memiliki embel-embel dotwordpress.com;

Misalnya juraganblog.wordpress.com

Kelebihan WordPress.com

  1. Dengan wordpress.com kamu bener-bener tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun seperti untuk sewa hosting ataupun membeli domain. Karena hostingnya numpang di wordpress.com, bahkan kapasitasnya lumayan gede. Hingga 3GB per blog. Wow…
  2. Hosting yang digunakan benar-benar kelas premium, memiliki ratusan server kuat yang tersebar di seluruh dunia. Jadi blog kamu dapat di akses dari manapun kapanpun tanpa masalah.
  3. Sangat mudah menggunakannya, tinggal daftar, login, posting. Jadi deh sebuah blog.
    Secepat membuat mie instant. 🙂
  4. Dari segi perawatan, upgrade dan keamanan, pihak wordpress yang menangani.

Enak dung ya?

Pakai ini aja lah gratisan.. Hahaha

Eits jangan salah, karena gratis pasti ada kekurangannya dung.. Hehe..

Apa saja kekurangannya?

Kekurangan WordPress.com

  1. Pilihan themes terbatas, hanya yang tersedia di wordpress.com; Kamu tidak bisa menambah atau mengupload atau mengoprek themes baru.
  2. Tidak bisa menginstal plugin yang kamu inginkan. Hanya plugin yang tersedia aja yaitu jetpack. Wah parah neh..
  3. Tidak bisa mengakses database kamu, tidak ada cPanel, tidak bisa mengakses file-file di blog kamu seperti misalnya mau mengoprek themes, menambah file javascript, dll.
  4. Nama domain kamu jadi ga keren dan tidak kelihatan blog profesional (ini relatif sih.. Hehe..) Karena ada embel-embel dotwordpress.com
  5. Kalau tujuan kamu ngeblog untuk mendapatkan dollar dari Adsense, adalah pilihan yang salah menggunakan wordpress.com ini, karena kamu tidak diijinkan menyisip script google adsense kamu. WordPress hanya mengijinkan memasang iklan dari Wordads dimana untuk berpartisipasi, trafik blog kamu minimal 2000 pengunjung perhari.

WordPress.org (Self Hosted)

Tidak seperti wordpress.com, wordpress.org merupakan CMS yang sangat powerfull dan juga gratis. Iya CMS-nya gratis, namun kamu harus menyewa hosting dan domain untuk menampung file-file dari CMS wordpress.org ini.

Tapi pasti ada kelebihannya dung?

Ya jelas ada, banyak malah..

Kelebihan WordPress.org

  1. Bebas, kamu punya hak penuh atas blog kamu. Mulai dari database-nya, files theme dan file pendukung untuk membangun sebuah blog. Bisa kamu backup dan pindahkan sesuka hatimu.
  2. Bisa mengganti atau mengkustomisasi theme sesukamu yang banyak tersedia di internet baik yang gratis maupun berbayar.
  3. Bisa menginstall plugin apapun, tersedia banyak tinggal unduh dan instal mulai dari yang gratis maupun berbayar.
  4. Bebas memasang iklan dari google adsense.
  5. Memiliki cPanel, jadi kamu bebas mengakses data blog kamu melalui cPanel atau filezilla, mengupload file javascript, MP3, gambar, video, dll.
  6. Karena kamu membeli domain sendiri, otomatis nama domain-nya sesuai pilihan kamu tanpa embel-embel dotwordpress.com

Kekurangan WordPress.org

  1. Tidak seperti wordpress.com, wordpress.org harus kamu maintenance sendiri.
    Misalnya untuk meng-update wordpress dan plugin, memblokir spam dan mengoptimasi blog kamu.
  2. Karena blog kamu bersifat berdiri sendiri (independent), bukan bagian dari jaringan wordpress.com, maka artikel kamu tidak mendapatkan trafik yang bersumber dari jaringan wordpress.com. Murni dari google atau dari komunitas lainnya misalnya media sosial, dll.

Yaaa.. kurang lebih itu perbedaan mendasar antara wordpress.org dan wordpress.com;

Kalau saya pribadi sih, jika memang ada modal, sebaiknya pilih yang wordpress.org.

Kalau kamu memang niat serius untuk ngeblog.

Namun kalau masih ingin belajar dulu, ingin coba-coba, silahkan saja menggunakan blog engine wordpress.com.

Tapii…

Kalau kamu memang pengen belajar ngeblog dan coba menghasilkan uang dengan Adsense secara gratisan, pilihlah blogger.com. 🙂

Demikian Apa Perbedaan WordPress.org Dengan WordPress.com?

Semoga bermanfaat..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *